#OctoberWish

Everything is never as it seems.



Selumlah programmer di University of Washington tengah mengembangkan sebuah cara agar data-data elektronik seperti e-mail atau pesan di jejaring sosial dapat terhapus sendiri setelah waktu tertentu.

Banyaknya e-mail yang masuk di inbox terkadang membuat pemilik akun harus repot-repot untuk menghapusnya satu per satu. Tapi dengan software yang dikembangkan programmer di University of Washington itu, pemilik tak perlu repot lagi menghapus surat yang masuk.

Software yang diberi nama Vanish itu memungkinkan e-mail akan terhapus sendiri. Tak hanya bisa menghapus data-data di PC tapi juga bisa untuk skala besar seperti server. Demikian dilansir Times of India, Jumat (23/7/2009).

Ide pengembangan software yang dapat membantu data menghapus sendiri bukanlah barang baru. Bahkan beberapa hardware seperti flash memory juga sudah banyak yang mampu menerapkan penghilangan data sendiri. Tapi para pengembang mengatakan, Vanish menggunakan sistem enkripsi yang berbeda sehingga dipastikan e-mail yang terhapus aman dan takkan mungkin bisa diakses lagi oleh pihak lainnya.

Menurut Tadayoshi Kohno, wakil University of Washington, Vanish juga memungkinkan pengguna internet mengatur setiap data elektronik miliknya termasuk menggunakannya untuk menghapus informasi yang sudah tak terpakai di Facebook atau blog.

Setiap data elektronik akan hancur dengan sendirinya dalam periode waktu tertentu yang diinginkan pemiliknya. (okezone.com)

0 Response for the "Vanish, Penghancur Data Elektronik"

Post a Comment