#OctoberWish

Everything is never as it seems.



LONDON - Remaja para pengguna situs jejaring sosial seperti Facebook dan Bebo kerap menciptakan bahasa-bahasa rahasia ketika berkomunikasi.

Hal ini bertujuan agar orangtua atau guru yang mengawasi remaja tidak mengerti apa yang sedang bicarakan, terutama yang menyangkut berbagai aktivitas bebas yang ingin mereka kerjakan. 

Sebagai contoh, di Inggris, jika memberitahukan sudah atau akan meminum alkohol, mereka menuliskan 'Getting MWI' atau Mad With It. Untuk menandakan bahwa mereka sedang menjalin hubungan dengan seseorang, mereka menuliskan kata 'taken' atau 'ownageeee', dan kata 'ridneck' digunakan untuk menggambarkan perasaan malu.

Bahasan rahasia lainnya yaitu 'legal', kata ini kerap diposting oleh remaja perempuan untuk memberitahukan bahwa mereka berusia diatas 16 tahun dan boleh berhubungan seksual.

Dilansir Telegraph, Senin (26/4/2010), Lisa Whittaker, mahasiswa dari University of Stirling yang mensurvei remaja berusia 16 hingga 18 tahun di situs Bebo di Skotlandia menyebutkan, bahasa slang tersebut mereka ciptakan untuk menjaga kerahasiaan aktivitas mereka.

"Remaja sering mengubah bahasa yang digunakan, dengan mengubah semua postingan di halaman akun mereka sulit dimengerti orang," ujar Whittaker.

Dia berpendapat, salah satu alasan mengapa remaja hobi berbicara dengan kata sandi tentu saja karena mereka tidak ingin ketahuan merokok atau minum alkohol.

Hasil penelitian Whittaker dipresentasikan di sebuah seminar di Wales Institute of Social & Economic Research, Data and Methods di Cardiff, Inggris. (okezone.com)

0 Response for the "Remaja Berkomunikasi Pakai 'Sandi' di Internet"

Post a Comment