#OctoberWish

Everything is never as it seems.



WASHINGTON - Gosip selebriti yang beredar melalui situs jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter menyebar dengan cepat seperti virus menular. Para ahli matematika membuat rumus penyebaran gosip di dunia maya.

Mereka mengembangkan sebuah persamaan yang menggambarkan kemampuan rumor di internet berkembang dalam skala global dalam hitungan jam.

Pernikahan presiden Perancis Nicolas Sarkozy dengan mantan model Carla Bruni serta kabar tak sedap soal perselingkuhan pegolf ternama Tiger Woods merupakan contoh dari sekian banyak gosip yang menyebar cepat ceperti api melalui Facebook, Twitter dan blog.

Dilansir Daily Mail, Senin (5/4/2010), tim ilmuwan dari La Sapienza University, Roma, Italia, yang dipimpin Alessandro Panconesi, membuat sebuah persamaan  untuk mengukur kekuatan internet dalam menyebarkan gosip.

"Persamaan ini memperlihatkan seberapa cepatnya berita dan gosip menyebar saat ini, seperti virus influenza," kata Alessandro.

Persamaan untuk penyebaran gosip tersebut dituliskan dalam rumus berikut. 

Waktu (diambil ketika gosip mulai menyebar) = perkiraan waktu ( log v  x log  kuadrat 1 )

                                                                                                                         -------           -------

                                                                                                                          phi                phi

v  = jumlah titik komunikasi
phi  = konduktan

Mereka akan mempresentasikan temuan tersebut secara lebih gamblang pada simposium bergengsi Theory of Computing di Cambridge, Massachusetts akhir tahun ini.

Sejauh ini, para ilmuwan sudah menguji teori mereka pada gosip selebriti terkini. Alessandro menyebutkan reabilitas rumus ini sudah terdemonstrasikan. (okezone.com)

0 Response for the "Rumus Matematika Bagaimana Gosip Menyebar di Internet"

Post a Comment