#OctoberWish

Everything is never as it seems.



CALIFORNIA - Apple telah memperbarui sistem operasi di OS X untuk melindungi dari malware yang menyerang dengan Trojan horse yang memungkinkan hacker untuk memperoleh kontrol atas sebuah iMac, MacBook, atau Mac mini. 

Update antimalware ini sendiri merupakan bagian dari upgrade sistem operasi Apple versi 10.6.4 yang baru-baru ini dirilis.

"Apple memperbarui XProtect.plist, file dasar yang berisi teknik dasar dari beberapa ancaman Mac, untuk mendeteksi apa yang mereka sebut HellRTS," tegas ahli keamanan Sophos Graham Cluley, seperti yang dikutip dari blognya, oleh TG Daily, Senin (21/6/210).

"HellRTS, adalah jenis malware yang telah didistribusikan oleh hacker jahat yang menyamar sebagai iPhoto, aplikasi foto yang di komputer Mac. Jika Anda terinfeksi oleh malware ini maka hacker akan dapat mengirim email spam dari Mac Anda, mengambil screenshot dari apa yang Anda lakukan, mengakses file Anda, clipboard dan banyak lagi," tambahnya.

Namun demikian, Cluley juga mengkritik Apple karena menerbitkan update antimalware ini secara diam-diam, dan tidak menginformasikan kepada publik mengenai ancaman keamanan yang sangat penting ini.

"Pengguna harus berpikir, kalau update diam-diam ini apakah bagian dari strategi dari marketing mereka," tandasnya.
(tyo)