#OctoberWish

Everything is never as it seems.



CALIFORNIA - Badan luar angkasa AS berencana untuk 'mengunjungi' sebuah asteroid yang diprediksi berpotensi menabrak bumi.

Asteroid yang bernama RQ36 diramalkan akan menabrak bumi tahun 2182. Para ilmuwan sudah mengamati asteroid ini sejak tahun 2007, berencana untuk mengunjungi asteroid tersebut dan mengambil sampelnya untuk dijadikan penelitian guna mencari cara menghindari dampak tubrukan tersebut.

"Asteroid tersebut bisa dengan mudah menabrak planet kita," kata Michael Drake, Direktur Lunar and Planetary Laboratory dari University of Arizona, seperti dikutip melalui National Geographic News, Rabu (11/8/2010).

Misi untuk mengunjungi asteroid tersebut bernama OSIRIS-Rex (Origins Spectral Interpretation Resource Identification Security Regolith Explorer) yang akan diluncurkan pada tahun 2016, dengan tujuan untuk memetakan dan mengambil sampel dari asteroid tersebut. Misi OSIRIS-Rex ingin mengunjungi RQ36 karena asteroid tersebut mengandung materi yang belum berubah sejak awal tata surya tercipta.

RQ36 mengorbit di antara 133 juta dan 203 juta kilometer dari matahari. Asteroid tersebut akan melewati sekira 450.000 kilometer dari orbit Bumi. Sebagai hasilnya, NASA secara resmi mengklasifikasi RQ36 sebagai 'asteroid yang berpotensi membahayakan bumi'. Prediksi tersebut menghasilkan kemungkinan 1.000:1 jika asteroid tersebut di tahun 2182 bisa menghantam bumi.

"Apabila asteroid itu menabrak bumi, dampaknya seperti seratus bom nuklir terbesar yang diledakkan secara bersamaan. Dengan ledakan yang bisa mencapai 10 kilometer. Tapi bagaimanapun, sampai sekarang para ilmuwan juga belum yakin betul jalur orbit dari asteroid RQ36," ujarnya.

Misi OSIRIS-Rex rencananya akan kembali ke Bumi pada tahun 2023 dengan membawa contoh batu dari asteroid RQ36.
(srn)

(okezone.com)

0 Response for the "NASA Bakal Kunjungi Asteroid 'Penghancur Bumi'"

Post a Comment