#OctoberWish

Everything is never as it seems.



TOKYO - Ratusan komputer di Jepang terinfeksi oleh virus bernama Ika-tako. Komputer yang disusupi ini merusak file gambar menjadi gambar gurita.

Pergerakan virus ini cukup cepat. Bahkan virus yang mulai menggurita sejak Mei lalu ini telah menjangkit ke 20 ribu hingga 50 ribu komputer di Jepang. Demikian yang dilansir PC World, Kamis (19/8/2010).

Menurut ahli keamanan di Jepang, Ika-tako biasanya menyusup dengan cara menyamar di dalam file musik yang kemudian diunduh pengguna. Setelah file musik diputar, mulailah virus ini berjalan melalui hard drive komputer.

Setelah itu virus ini dengan cepat menginfeksi file foto yang ada di dalam komputer dan sistem operasinya. File-file yang terinfeksi akan berubah menjadi gambar cumi-cumi, gurita atau landak laut.

Melihat maraknya virus gurita ini, pihak berwajib di Tokyo langsung bertindak. Hasilnya, sukses menangkap pelakunya yang diketahui bernama Masato Nakatsuji. Orang ini sendiri sudah berulang kali dijebloskan ke penjara karena menyebarkan maleware.

Pada tahun 2008, dia pernah ditahan karena membuat malware dan melanggar hak cipta anime Clannad.
(tyo)

(okezone.com)

0 Response for the "Virus 'Gurita' Serang Komputer di Jepang"

Post a Comment