#OctoberWish

Everything is never as it seems.



SYDNEY - Sebuah badan amal asal Australia berhasil mengembangkan sebuah game yang berisi aksi tanggap gempa. Game ini ditujukan untuk mengedukasi para gamer terkait bantuan terhadap para korban gempa.

Dilansir melalui AFP, Selasa (12/10/2010), game dengan nama 'Earthquake Response' ini memungkinkan para gamer untuk menjadi penolong bagi korban gempa. Semua aksi bantuan yang dilakukan dan keputusan yang diambil di game ini harus serba cepat.

Dipaparkan penciptanya, game ini akan membuat para pengguna berperan layaknya sukarelawan di daerah bencana. Mereka harus mengantarkan bantuan makanan, air dan tempat pengungsian untuk keluarga yang rumahnya hancur oleh gempat. Menariknya, game ini dibuat serba cepat dan interaktif. Kecepatan ini akan menentukan jumlah korban yang diselamatkan.

"Repons sungguhan terhadap bencana, sejatinya sangat rumit dan menantang. Tapi anda harus sadar jika apa yang kita lakukan ini benar-benar untuk mendistribusikan bantuan, makanan, air, tempat tinggal, hingga obat-obatan kepada orang-orang yang membutuhkan," ujar Mike Penrose, dari Save the Children Charity.

Aplikasi ini diharapkan dapat menggugah para gamer untuk lebih memperhatikan korban bencana dan mengedukasi gamer juga agar bisa melakukan tindakan yang diperlukan saat berada di daerah rawan gempa.

Aplikasi ini dapat dimiliki secara gratis dengan terlebih dahulu mendownload di internet pada 13 Oktober nanti, seiring dengan perayaan International day for Disaster Reduction.

"Saya yakin game ini akan memberikan edukasi dan hiburan secara sekaligus," ujar Penrose.

Sayangnya game ini baru bisa diunduh pada perangkat milik Apple, seperti iPhone, iPod dan iPad dan bisa diunduh di sini
(srn) (okezone.com)

0 Response for the "Australia Kembangkan Game Simulasi Bantuan Gempa"

Post a Comment