#OctoberWish

Everything is never as it seems.



JAKARTA - Sejumlah operator berupaya untuk menurunkan tarif Blackberry. Hal ini mengarah  terjadinya perang tarif layanan BB. Lantas berapa idealnya tarif BB di Indonesia.

"Kalau lihat dari ongkos produksi, dan benchmark beberapa negara se kawasan maupun se tipe, arahnya di bawah Rp. 100 ribu," kata anggota BRTI, Heru Sutadi di Jakarta Rabu (13/10/2010).

Bahkan, lanjut Heru, tarif untuk layanan Blackberry akan di-bundling dengan sms dan voice untuk beberapa negara.

"Memang persaingan tarif akan berproses tergantung kompetisi," katanya

Dicontohkan Heru, tarif BB di Vietnam saat ini berada di kisaran angka Rp 75 ribu. "Bahkan bisa lebih murah jika hanya untuk terima atau kirim email saja, social networking saja," tandasnya.

Di beberapa negara ada yang biaya pakainya sama dengan sistem cicilan terhadap produk BB nya. Lantas, ketika ditanya tentang kondisi tarif BB di Indonesia, Heru menilai tarif beberapa operator  masih terbilang mahal.

"Mudah-mudahan dengan kompetisi, akan mendorong semua operator memberikan tarif yang lebih terjangkau. Apalagi BRTI  juga sedang memperjuangkan agar RIM membangun server di sini, yang diharapkan akan juga memangkas tarif BB," kata Heru.

Sejak diberlakukan tarif unlimited pertama kali untuk pengguna prabayar, tarif Blackberry termahal di Indonesia mencapai angka Rp180.000 untuk langganan per bulan. Kini tarif layanan Blackberry tersebut terus turun.

Harga termahal untuk layanan Blackberry ada pada operator incumbent, Telkomsel, dengan tarif unlimited bulanan mencapai Rp180.000. Sedangkan Indosat membebankan biaya langganan Blackberry on Demand sekira Rp160.000 dan XL Axiata membandrol layanan Blackberry One sekira Rp150.000.

Menyusul beberapa waktu berikutnya, dua operator kecil mulai bermain di ranah Blackberry dengan mengandalkan harga lebih murah ketimbang yang tiga operator sebelumnya. Axis dan Tri membandrol layanan unlimited Blackberry bulanan masing-masing sekira Rp120.000 dan Rp88.000.

Aksi operator kecil inilah yang kemudian memicu penurunan tarif layanan Blackberry. Setelah muncul dengan harga murah dari Tri dengan gimick mencari pacar untuk Agnez Monica, berturut-turut operator lainnya mulai menurunkan tarif layanan.

Kini sama dengan Telkomsel, XL membebankan tarif layanan Blackberry seharga Rp99.000, Indosat sekira Rp120.000 dan Axis dengan tarif Rp79.000. Untuk tarif layanan Blackberry, operator Tri masih terbilang cukup murah, hanya sekira Rp69.000 untuk berlangganan per bulan. (srn) (okezone.com)

0 Response for the "Server RIM di Indonesia Bikin Tarif Blackberry Murah"

Post a Comment