#OctoberWish

Everything is never as it seems.

Misteri bagaimana pembentukan planet memang masih terus disimpan dengan rapat oleh semesta. Namun bukan tak mungkin untuk diungkap. Satu langkah maju berhasil dicapai oleh para astronom dalam memahami pembentukan planet baru, sebagai hasil riset dari National Science Foundation (NSF) dan tim astrofisika dari American Museum of Natural History.

Dengan menggunakan coronograph pada teleskop milik U.S Air Force di Maui, Hawaii, Ben R. Oppenheimer dkk mengkonstruksikan foto materi yang tampaknya mengalami koalisi (penggabungan) ke objek gas dan debu disekeliling AB Auriga. Objek tersebut diduga planet atau mungkin saja katai coklat dengan massa di antara bintang dan planet. Katai coklat tersebut ditemukan mengorbit AB Auriga pada tahun 1995. Hasilnya menunjukan langkah maju dari studi extrasolar planet lewat direct imaging disertai kemajuan dalam hal teori untuk pembentukan planet dan katai coklat.

Gambar yang dihasilkan langsung mengarah pada pertanyaan yang tak terpecahkan dari pembentukan planet, yakni bagaimana piringan yang tebal dari serpihan debu dan gas bisa berevolusi menjadi area debu yang tipis dan planet. Bintang muda secara umum memang memiliki banyak materi yang terperangkap dalam gaya gravitasinya, materi tersebut akan mengatur dirinya sendiri menjadi piringan.Para astronom percaya dari piringan inilah planet akan terbentuk.

Gambar yang diambil tersebut menunjukan adanya kekosongan berbentuk lamdam (sepatu kuda) pada piringan dengan titik terang yang tampak seperti noktah pada area kosong tersebut. Pengurangan materi tersebut bisa jadi dikarenakan oleh pembentukan planet dan materi yang ada disitu terhisap ke dalam planet yang sedang terbentuk. Kemungkinan adanya penggabungan materi dan pembersihan materi disekelilingnya menjadi sebuah dugaan yang kuat, untuk mengindikasikan pembentukan objek kecil, entah planet ataupun katai coklat.

AB Auriga bukanlah bintang yang baru, melaikan bintang muda yang sudah dipelajari dengan baik oleh para astronom. Usianya sekitar 1 - 3 juta tahun dan menjadi sumber informasi bagaimana sebuah bintang dan objek yang mengelilinginya bisa terbentuk. Untuk memecahkan masalah evolusi piringan tebal yang kaya akan debu dan gas menjadi area yang tipis dengan planet, observasi juga dilakukan pada bintang yang sedikit lebih tua dari AB Auriga. Hasilnya, memang pada titik tertentu gas akan menghilang namun tak ada yang bisa memecahkan bagaimana ia akan terjadi. AB Auriga sepertinya sedang berada pada fasa intermediate dimana gas akan dibersihkan dari pusat menyisakan hanya debu.

Pengamatan lanjutan akan sangat berguna untuk memecahkan masalah bagaimana planet terbentuk dan jika objek tersebut adalah katai coklat, maka ia akan mengubah pemahaman yang sudah ada saat ini. Hal ini karena dipercaya katai coklat tidak terbentuk dari materi yang melingkupi bintang.

0 Response for the "Planet Yang Sedang Terbentuk"

Post a Comment