#OctoberWish

Everything is never as it seems.

Dajjal dilahirkan di negeri Samirah. Ayah dan ibunya melewati perkawinan selama 30 tahun tanpa melahirkan satu anak pun. Lalu lahirlah dari mereka seorang anak laki-laki yang buta sebelah matanya, ia menjadi orang yang paling berbahaya dan sangat sedikit manfaatnya. Kedua matanya tertidur, tetapi hatinya tetap terjaga.

Semasa kecilnya Dajjal tidak pernah mau menyusu pada ibunya, sehingga ibunya terkena penyakit yang ditimbulkan karena tertahannya air susu. Maka sampai berumur 4 tahun Dajjal tidak dapat berjalan.

Munculnya Dajjal merupakan salah satu isyarat akan tibanya hari kiamat. Demikina pula disebutkan dalam dalam Al-quran dan berbagai keterangan hadits Nabi.
Sosok misterius yang disebut Dajjal hingga kini masih menjadi opini publik. Sebagian kalangan jumhur ulama berpendapat bahwa menurut beberrapa pengertian bahasa dan istilah, perkataan Dajjal mengandung sepuluh macam pengertian, yaitu :
1. Dajjal berarti pendusta.

2. Kata Dajjal diambil dari kata Ad-Dajli yang berarti pemulas unta apabila terkena kudis.

3. Dinamakan Dajjaala yang untuk memukul bumi dan memotong-motongnya yang lebih banyak pembagiannya.

4. Dajjal berarti tutup, yakni menutupi bumi dengan kemajemukannya dan dikatakan pula untuk menutup manusia dengan kekafirannya.

5. Dinamakan Dajjaala untuk memisahkan bumi tatkala seluruh negeri rata kecuali Mekkah dan Madinah. Dan Ad-dajjaalatu berarti teman sejawat Dajjal ini besar sekali pengaruhnya sehingga mampu menenggelamkan kebanyakan penduduk bumi, dikatakan juga teman sejawat ini membawa kesenangan.

6. Dinamakan Dajjaala karena dapat menenggelamkan manusia dengan bentuk kejahatannya.

7. Addajjal berarti orang yang tenggelam, maksudnya menurut bahasa asalah Al-Kadzibu (dusta).

8. Addajjal berarti menyadur.

9. Addajjaal berarti air emas yang dipakai untuk memoles sesuatu sehingga menjadi indah bisa menutup lubangnya, sehingga menjadi baik, pengertian lain disebut juga Dajjal bila suatu kebatilan dianggap sebagai sesuatu masalah yang baik.

Akhirnya, kita berkesimpulan bahwa pada prinsipnya dari yang disebut Dajjal ialah semua sifat kekurangan, kebatilan, kejahatan, penindasan, penjajahan, kebiadaban, keserakahan, kebohongan besar, pemutar-balikkan fakta, manipulasi nilai kebenaran untuk kepentingan nafsu iblis termasuk berbagai bentuki sifat sejenisnya yang dilaknat Allah. Semoga kita terhindar daripadanya.

0 Response for the "Mengapa Dinamakan Dajjal ?"

Post a Comment