#OctoberWish

Everything is never as it seems.

Surabaya: Gerhana bulan Selasa (28/8) sore hari ini akan menyebabkan gelombang tinggi di sejumlah tempat, seperti di Laut Jawa dan Samudera Hindia. Prediksi tersebut disampaikan Kepala Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Maritim Tanjung Perak Surabaya Giek Sugiharto di Surabaya, Selasa (28/8).

Menurut Giek, gerhana bulan total akan membuat permukaan air laut naik setinggi 120 sentimeter akibat pasang maksimum. Gerhana yang bisa dilihat di seluruh wilayah di Indonesia juga membuat ketinggian gelombang laut di Laut Jawa dan Samudera Hindia akan meningkat dari hari biasanya. Bahkan, di Laut Jawa ketinggiannya bisa 2-4 meter.

Karena itu, BMG Maritim Tanjung Perak meminta pelaku perairan di Indonesia mewaspadai adanya gelomnbang tinggi tersebut. Sebab, gelombang tinggi masih terjadi dua hari ke depan. BMG menimbau pelkau pelayaran mewaspadai terjadinya gelombang tinggi.

Di Gresik, Jawa Timur, ratusan nelayan tidak melaut akibat gelombang setinggi dua meter. Mereka takut gelombang akan membuat nyawa mereka melayang. Nelayan Desa Kroman misalnya. Saat ini mereka hanya menambatkan perahunya di pantai, Mereka juga memperbaiki jaring agar bisa digunakan untuk melaut kembali.

0 Response for the "Gerhana Bulan Picu Gelombang Tinggi"

Post a Comment