#OctoberWish

Everything is never as it seems.



SAN FRANCISCO - Beberapa waktu lalu Nokia mengatakan akan menghentikan penggunaan sistem operasi Symbian pada seri Nseries mereka. Namun, nampaknya pernyataan tersebut terasa masih diragukan kebenarannya.

Sebab, sebuah foto ponsel Nseries terbaru, N9, milik Nokia bocor dan beredar luas di masyarakat. Yang menjadi kontradiktif adalah N9, masih menggunakan Symbian^3, yang merupakan OS Symbian terbaru.

Dilansir melalui GSM Arena, melalui Negri, Senin (28/6/2010), N9 ini selain menggunakan Symbian^3 juga disematkan dengan kamera 8 megapixel dan autofokus.

Sama seperti kakaknya N8, di N9 ini juga dihadirkan teknologi xenon Flash, termasuk layar dual-LED pada teknologi layar sentuhnya yang berukuran 3.5 inci dengan resolusi 360x640 pixel. Juga terdapat sliding qwerty pada papan ketiknya.

Belum ada keterangan dari Nokia mengenai bocornya N9 ini di internet. Namun, jika menilik dari spesifikasi ponsel tersebut, nampaknya N9 lebih pas dipasangkan di seri Eseries ketimbang Nseries.

Karena menurut sebagaian pengamat, Nokia perlu konsisten dengan ucapannya yang menyebutkan ponsel cerdas Nokia Nseries akan mulai dihentikan menggunakan Symbian. Ini artinya, besar kemungkinan N8, ponsel terbaru mereka yang menggunakan Symbian^3, menjadi perangkat genggam terakhir yang memakai OS itu.

Walaupun Symbian akan tetap melekat dalam ponsel milik Nokia. Akan tetapi OS yang 12 tahun menemani Nokia, akan lebih difokuskan ke pasar menengah ke bawah.
(tyo)