#OctoberWish

Everything is never as it seems.



CALIFORNIA - Setiap situs website tentunya akan menambah jumlah servernya ketika berhasil menggaet jutaan pengunjung. Begitupula dengan situs jejaring sosial yang didirikan Mark Zuckerberg, Facebook.

Dengan jumlah pengguna yang hampir menembus sekira 500 juta pengguna, Facebook terus menambah kapasitas servernya agar tak mengganggu kenyamanan pengguna dalam mengaskes situs tersebut. Berdasarkan data dataCenterKnowledge, jumlah server Facebook terus meningkat sejak enam bulan silam, bahkan jumlahnya meningkat menjadi dua kali lipat.

Softpedia, Selasa (29/6/2010), melansir, jumlah server facebook kini mencapai sekira 60 ribu unit. Padahal enam bulan silam hanya berjumlah 30 ribu unit.

Namun, Facebook enggan untuk menyebutkan secara pasti jumlah server yang dimilikinya. Server adalah komponen penting sebuah penyedia situs. Server merupakan komputer yang bertugas sebagai pelayan jaringan. Server mengatur lalu lintas data  dalam sebuah jaringan dan menyediakan resource  yang dapat dipakai oleh komputer lain yang terhubung dalam jaringannya. Server melayani semua nodes, jika nodes membutuhkan. Server ada beberapa macam, yaitu file server, disk server, dan database server.

Jumlah server database Facebook itu terus meningkat sejak 2009, namun jumlah peningkatan server paling banyak terjadi pada tahun 2008. Pengembangan infrastruktur di jejaring sosial tersebut, merupakan langkah dari Facebook untuk menghindari kekacauan seperti yang dialami tetangganya, Twitter.

15 Juni lalu, sejumlah pengguna Twitter mengecam jebloknya server Twitter yang menyebabkan situs mikroblogging tersebut terganggu. Error-nya Twitter ini disebabkan karena kapasitas yang berlebihan.

Gangguan pada server internal Twitter tersebut menyebabkan sejumlah pesan yang dituliskan para pengguna Twitter tak muncul, bahkan ada yang terkirim dua hingga tiga kali.

0 Response for the "Server Facebook Diperkirakan Capai 60 Ribu Unit"

Post a Comment