#OctoberWish

Everything is never as it seems.



Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta saat ini telah memiliki stasiun referensi global positioning system (GPS) di Kompleks Jurusan Teknik Geodesi.

Stasiun GPS tersebut bisa menentukan posisi teliti objek yang dapat dipantau secara terus-menerus kemudian digunakan untuk kepentingan teknik dan rekayasa teknologi.

Peresmian GPS, Sabtu (27/6/2009) kemarin, dilakukan Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto. Djoko mengatakan, GPS dapat difungsikan pada semua pekerjaan Departemen Pekerjaan Umum, dari pekerjaan yang sederhana hingga paling kompleks.

"Beberapa jenis pekerjaan PU yang memanfaatkan GPS adalah pada manajemen aset yaitu dengan GPS navigasi, sedangkan GPS tipe geodetik lebih sering digunakan dalam pekerjaan pemetaan dan monitoring," ujarnya.

Alat ini dikabarkan dapat mengoreksi data dengan tingkat ketelitian yang cukup tinggi, sampai orde milimeter, sehingga perubahan sekecil apa pun pada struktur bangunan dapat diketahui secara dini.

Ketua Jurusan Teknik Geodesi UGM Subaryono menambahkan, stasiun referensi GPS di atap gedung jurusan teknik geodesi tersebut juga dikenal sebagai continuously operated reference station (CORS) yang bekerja secara terus-menerus selama 24 jam.

"Stasiun yang dibangun atas kerja sama alumni dan jurusan tersebut akan mengeluarkan data koreksi terhadap kesalahan hasil hitungan koordinat yang terjadi akibat beberapa gangguan seperti penerimaan sinyal dari satelit GPS," katanya. Aplikasi CORS tersebut dapat digunakan untuk berbagai kepentingan seperti pemetaan tanah, navigasi pesawat terbang, serta deformasi bangunan besar seperti jembatan atau bendungan. (okezone.com)

0 Response for the "Teknik Geodesi UGM Miliki Stasiun GPS"

Post a Comment