#OctoberWish

Everything is never as it seems.



Perusahaan teknologi asal Texas, Tsera menuntut 20 perusahaan elektronik karena dianggap telah melanggar hak paten miliknya, berupa interface papan sentuh (touchpad).

Sebuah dokumen hukum menguatkan klaiman Tsera. Dalam dokumen tersebut, Tsera memiliki hak penuh atas hak cipta dan merek untuk segala bentuk metode dan perangkat yanng mampu dikendalikan hanya dengan menggunakan touchpad. Paten tersebut didaftarkan sejak tahun 1999.

Dilansir melalui Telegraph, Selasa (21/7/2009), Tsera mengklaim 20 vendor tersebut menggunakan teknologi miliknya tanpa izin. Vendor-vendor yang dimaksud di antaranya adalah Apple iPod, Microsoft Zune, dan ponsel LG Chocolate. Ketiganya dianggap menggunakan teknologi touchpad yang sama dengan yang telah dipatenkan oleh Tsera.

Di antara 20 vendor yang kena tuntut, Tsera lebih mengincar Apple. Pasalnya, Apple diklaim telah mengetahui teknologi touchpad ini sejak lama, September 2004. Apple dianggap telah mencuri teknologi tersebut dari Tsera.

Selain meminta kompensasi denda atas pelanggaran hak cipta ini, Tsera juga meminta 20 perusahaan tersebut untuk membayar royalti atas produk-produk touchpad yang sudah dan akan dikeluarkan. (okezone.com)

0 Response for the "Apple dan Microsoft Dituding Melanggar Hak Paten"

Post a Comment