#OctoberWish

Everything is never as it seems.



Daerah pertama yang dapat mengamati fenomena gerhana matahari total adalah daerah di India. Kegelapan langsung menyelimuti wilayah di sana dan berlangsung hanya beberapa saat setelah matahari terbit.

Peneliti, pelajar, dan pencinta lingkungan berkumpul di sebuah padang luas di India untuk melihat gerhana matahari total terlama pada abad ke-21 ini. Meskipun begitu, awan tebal dan hujan mengagalkan rencana untuk melihat fenomena gerhana tersebut dengan tuntas.

Gerhana mulai berlangsung pukul 5.30 waktu setempat atau sekitar 07.00 dan pertama kali tampak di Kota Gauhati. Gerhana yang hanya bisa dilihat di wilayah Asia tersebut mencapai puncaknya pada pukul 06.20 waktu setempat.

Daerah yang paling lama mengalami fenomena gerhana matahari total di India adalah Taregna, yakni 3 menit 48 detik. Sayang, selama gerhana berlangsung, awan tebal menutupi pandangan.

Semakin siang, fenomena ini akan dapat diamati di bagian timur dan utara Asia, seperti Nepal, Myanmar, Bangladesh, Bhutan, sebagian Jepang, dan China hingga berakhir di Samudra Pasifik.

Kota-kota di China menjadi daerah yang paling beruntung dapat menyaksikan gerhana matahari total selama 6 menit 39 detik. Ini merupakan gerhana matahari total terlama sepanjang abad ke-21 ini. Gerhana dengan durasi yang sama pada hari ini baru akan berlangsung lagi pada 2132.

"Kegembiraan dan keunikan dari gerhana matahari total telah menarik kami untuk mengunjungi tempat ini. NASA sudah menyatakan bahwa tempat ini akan menjadi tempat terbaik untuk melihat gerhana matahari total," ujar Michel Vancaster, seorang astronom amatir yang datang dari Belgia untuk menyaksikan gerhana matahari total.

Selain dimanfaatkan untuk pengamatan, fenomena gerhana matahari total ini ternyata juga dimanfaatkan sebagai kesempatan bisnis. Sebuah agen perjalanan di India mempersiapkan sebuah penerbangan untuk menikmati gerhana dari udara dan memberikan harga tinggi pada kursi yang menghadap matahari. (kompas.com)

0 Response for the "Awan Hambat Pengamatan Gerhana di India"

Post a Comment