#OctoberWish

Everything is never as it seems.



MANILA - Kepolisian Filipina kini mendapat musuh baru di dunia kejahatan, yaitu Facebook. Situs jejaring sosial tersebut, menurut pihak kepolisian Filipina menjadi alat baru yang memicu terjadinya kejahatan khususnya kejahatan berbau seksual.

Banyak penjahat menggunakan Facebook untuk menggaet korban. Berkenalan lewat Facebook dan mengajaknya berkencan yang kemudian berujung di tempat tidur. Polisi sering menemukan kasus-kasus, dimana tersangka menyebarkan pesan lewat Facebook dan sms, terutama kepada anak-anak di bawah umur.

"Penjahat sering mengundang anak-anak, remaja untuk masuk ke dalam grup. Mereka memiliki jaringan untuk mengadakan aktivitas seksual," kata anggota kepolisian Senior Superintendent, Agrimero Cruz seperti dilansir SMH, Senin (11/10/2010).

Polisi, lanjut Cruz, mengatakan telah meringkus sejumlah orang yang menggunakan Facebook dan ponsel sebagai alat untuk mencari korban pemerkosaaan.

"Kami masih terus melakukan investigasi, rata-rata tersangka akan dikenai tuduhan pemerkosaan," katanya.

Sebenarnya, lanjut Cruz, banyak korban perkosaan yang berawal dari Facebook. Tapi semua korban enggan untuk melaporkannya ke kantor polisi.

Filipina diketahui sebagai negara yang aktif menggunakan jejaring sosial. 30 persen populasi Filipina memiliki akses internet. Sehingga kejahatan melalui dunia maya adalah masalah khusus yang menjadi perhatian kepolisian. (srn) (okezone.com)

0 Response for the "Facebook Picu Kejahatan Seksual"

Post a Comment