#OctoberWish

Everything is never as it seems.



WASHINGTON - Keputusan Apple untuk terjun ke dalam pasar iklan mobile akhirnya memberikan keuntungan tersendiri bagi Google. Meski bakal bersaing, Google berterima kasih juga kepada Apple.

"Saya harap, dengan rencana Apple ini, pihak regulator mau menyetujui kesepakatan akuisisi Google terhadap AdMob," ujar CEO Google Eric Schmidt, seperti dikutip melalui Reuters, Senin (12/4/2010).

Seperti diketahui, saat ini pihak regulator masih mengkhawatirkan adanya monopoli yang dilancarkan Google jika perusahaan mesin pencarian itu disetujui mengakuisisi AdMob. Akuisisi ini juga dikhawatirkan akan menyakiti para developer aplikasi yang menjual iklan masih dalam jumlah kecil, dan mendapatkan uang dari hasil penjualan ruang iklan.

Namun, dengan rencana Apple ikut memeriahkan pasar iklan mobile dan mengakuisisi Quatro Wireless sedikit banyak akan memupus kekhawatiran tersebut. Bisa jadi, rencana tersebut juga akan mengubah pandangan para regulator.

Setelah meluncurkan iPad, Apple berkomitmen untuk memasuki pasar mobile advertising. Selain diperkuat dengan akuisisi Quatro Wireless senilai USD270 juta, Apple juga telah meluncurkan platform mobile advertising dengan nama iAd.

Google sendiri selama ini merupakan pemain single di kancah mobile advertising dengan kontribusi pendapatan yang didominasi dari sini, sekira 97 persen dari total revenue yang dihasilkan sekira USD23,7 miliar.

Dominasi pendapatan dan tak adanya pesaing inilah yang kemudian membuat Google dicurigai melakukan monopoli, apalagi dengan mengakuisisi AdMob. (okezone.com)

0 Response for the "Apple Bantu Google Akuisisi AdMob?"

Post a Comment