#OctoberWish

Everything is never as it seems.



TOKYO - Kemajuan dunia teknologi yang semakin cepat membuat produk-produknya juga berubah. Tak terkecuali di alat penyimpanan data. Dulu, pengguna komputer pastinya mengenal disket sebagai wadah penyimpanan file yang dapat dibaca dengan menggunakan floppy disk 3,5 inci.

Namun saat ini, perangkat komputer mana yang menggunakan floppy disk 3,5-inci lagi? jawabannya pasti tidak ada. Karena itulah, pamor disket lambat laun akhirnya meredup dan tak terpakai lagi. Nah, melihat hal tersebut Sony Corp memberikan pengumuman bahwa mereka tidak akan lagi memproduksi disk di Jepang, dan secara resmi menempatkan 'lonceng kematian' pada format itu.

Dikutip melalui Cnet, Senin (26/4/2010), Sony berhenti membuat disket di AS dan pasar utama lainnya sudah cukup lama, dan setiap perusahaan besar bahkan telah melakukan imigrasi dari format yang sekarang dianggap kuno.

Kendati demikian, Sony masih berhasil menjual 12.000.000 disket pada tahun fiskal terakhir. Mungkin karena mereka satu-satunya pemain utama yang masih ada di pasar. Tetapi melalui pengumuman tersebut, mereka memutuskan bahwa saatnya untuk bergerak maju.

Sony merupakan salah satu perusahaan yang mengenalkan disket floppy 3,5 inci ke pasar. Pertama kali Sony memperkenalkan untuk komputer tahun 1981. Namun, format tersebut mendapatkan saingan dengan munculnya kartu memori kecil, drive USB, dan CD-DVD non-rewritable standar.

Pada saat itu, perangkat penyimpanan genggam yang dapat menyimpan 1,44 MB adalah masalah besar. Terlebih dengan kehadiran USB yang mampu menyimpan 10 kali lipatnya, dengan alat yang sangat kecil.

Maka dari itulah, Sony secara resmi akan menghentikan operasi floppy disknya awal tahun depan. Jadi mulai saat ini, floppy disk tinggal kenangan!
(okezone.com)

0 Response for the "Secara Resmi Sony 'Membunuh' Floppy Disk"

Post a Comment