#OctoberWish

Everything is never as it seems.

CALIFORNIA - Kamera observatorium luar angkasa milik NASA berhasil menangkap peristiwa yang cukup fenomenal. Sebuah komet yang sempat bertengger di dekat matahari kini telah menghilang.

Saat-saat komet tersebut 'menjelang ajal' berhasil terekam oleh kamera pemantau matahari bernama Solar anda Heliospheric Observatory (SOHO). Sebelum menghilang' komet tersebut sempat tertangkap kamera SOHO pada hari Jumat, 9 April 2010. Sayangnya, saat dipantau Minggu pagi, 11 April 2010, komet tersebut sudah tiada.

Dilansir melalui Space.com, Senin (12/4/2010), berdasarkan pemantauan SOHO, ini merupakan komet ketiga yang berhasil 'dilahap' oleh Matahari. Komet tersebut diberi nama sun-grazing comets, sebuah objek dingin yang datang dari luar tata surya. Biasanya, jika komet tersebut sudah berada di dekat matahari maka tidak ada kesempatan bagi dirinya untuk melarikan diri.

Komet yang malang tersebut merupakan salah satu dari sekumpulan objek yang dikenal dengan nama Kreutz komet, yang diambil dari nama astronom abad 19 Heinrich Kreutz. Pasalnya, Kreutz merupakan orang pertama yang memperkenalkan komet jenis tersebut.

Para astronom memprediksi ada sekira 1.600 komet di luar tata surya yang pernah melintasi matahari sepanjang perjalanannya. Sedangkan dari sekira 2.000 sun-grazing comets, ada sekira 1.000 komet yang berhasil dilahap Matahari.

Proses menghilangnya komet tersebut tidaklah serta merta 'menceburkan' diri ke dalam panasnya matahari. Dalam perjalanannya, komet yang terdiri dari objek dingin itu meleleh sedikit demi sedikit melawan panasnya objek matahari, hingga akhirnya menghilang sebelum sempat melewati matahari. (okezone.com)

0 Response for the "Matahari Ketahuan 'Melahap' Komet"

Post a Comment