#OctoberWish

Everything is never as it seems.



SAN FRANSISCO - Jika kebetulan anda sedang berada di suatu tempat, di mana tidak ada tempat untuk menge-charge gadget, anda mungkin bisa mendapatkan energi kembali untuk gadget tersebut hanya dengan berlari.

Sebuah temuan berhasil mengubah gerakan lari menjadi sebuah energi listrik. Media pengubah energi tersebut terkandung dalam sebuah perangkat berukuran tiga sentimeter persegi yang dilengkapi dengan 20.000 kabel nano.

Dilansir melalui Big News Network, Senin (26/4/2010), perangkat ini ditemukan oleh ilmuwan teknologi asal Georgia Tech, sebuah perangkat penyimpan energi ringkas yang terbuat dari materi piezoelectric. Material piezoelectric tersebut dapat menghasilkan energi listrik dari sebuah gerakan menarik atau menekan.

Dalam waktu tiga sampai lima tahun ke depan, piezoelectric nanowires dapat disematkan di baju maupun hak sepatu sehingga dengan mudah dapat dibawa kemana saja untuk mengalirkan energi bagi laptop maupun ponsel anda, hanya dengan sebuah langkah kecil.

"Ini merupakan tahapan baru untuk mendesain teknologi yang cukup berguna di masa depan. Piezoelectric dapat menghasilkan energi lebih dari 1,26 volts," ujar profesor dari Georgia Tech ZL Wang.

Wang dan tim-nya berupaya semaksimal mungkin untuk menyiasati zinc oxide nanowires agar bisa menyatu dengan nanogenerator. Sebuah zinc oxide nanowire memiliki bentuk yang kasat mata. Ukurannya hanya 50 hingga 200 nanometer dan panjang lima mikron.

Perangkat berukuran tiga sentimeter persegi itu dilengkapi dengan 20.000 nanowire yang saling berdampingan, dan dua elektroda tipis yang mengapit seluruh nanowire.

Sebuah penekanan yang cukup keras dalam perangkat tersebut dapat menghasilkan energi 30 kali lebih besar. Bahkan jika zinc oxide nanowires tersebut diganti dengan gallium nitride maka output yang diberikan dapat lebih besar 10 kali lipat.

Selain mampu menghasilkan energi, piezoelectric dapat membantu mendeteksi api dan menghadirkan data cuaca di sebuah wilayah. (okezone.com)

0 Response for the "Nge-charge iPod dengan Berlari"

Post a Comment