#OctoberWish

Everything is never as it seems.



SAN FRANSISCO - Jika Twitter mampu memberikan informasi real-time mengenai apa yang terjadi di dunia, Google mencoba mendokumentasikan tweet (komentar pengguna Twitter) atas setiap peristiwa yang berlangsung.

"Tweet dan seluruh informasi update, termasuk komentar yang ada di Twitter akan memberikan pandangan menyeluruh mengenai apa yang terjadi saat sebuah peristiwa atau informasi terjadi. Bahkan semuanya mampu memberikan kesimpulan atas reaksi yang terjadi," ujar Product Manager Google Real-Time Search Dylan Casey, seperti dikutip melalui PC Magazine, Kamis (15/4/2010).

Untuk mengakses fitur tersebut, lanjut Casey, pengguna mesin pencarian Google tinggal mengklik link 'show options' untuk kemudian menekan menu 'Updates'. Google akan langsung menampilkan beberapa tweet mengenai topic yang dicari, namun hanya terbatas pada tweet yang paling banyak di-retweet dan berada di posisi paling atas.

Dengan daftar ini, pengguna bisa menggali pencarian lebih dalam, berdasarkan bulan, hari, bahkan jam kejadian. Sayangnya, untuk tahap awal ini pencarian hanya mampu menampilkan tweet sejak 11 Februari 2010. Ke depan hasil pencarian tweet akan bisa menampilkan kejadian sejak tweet pertama diluncurkan, yaitu 21 Maret 2006.

Selain di Amerika Serikat (AS), fitur baru milik Google ini juga baru akan dinikmati di Inggris dalam beberapa hari ke depan. Selanjutnya, baru akan menyambangi negara-negara lainnya.

Google memang telah lama meminta Twitter bekerja sama di mesin pencariannya. Namun baru kali ini terealisasikan. Ke depan, Bing dan Yahoo diperkirakan juga akan menyusul menyematkan Twitter di mesin pencariannya karena pembicaraan di antara perusahaan-perusahaan tersebut memang telah terjadi. (okezone.com)

0 Response for the "Tweet Kini Jadi Arsip di Google Search"

Post a Comment