#OctoberWish

Everything is never as it seems.



SAN FRANCISCO - Beberapa waktu lalu studio game Ubisoft membuat platform Digital Rights Management (DRM) pada game besutannya. Ini membuat para pencinta game menilainya sebagai langkah yang kontroversial.

Alhasil manajemen Ubisoft telah melaporkan bahwa game berplatform DRM mereka telah hack, oleh sebuah konsorsium yang dikenal sebagai Skid Row. Menurut laporan Cnet, Jumat (23/4/2010), juru bicara Ubisoft Josh Lowensoh mengatakan, peretas tersebut secara efektif menghilangkan DRM tersebut sepenuhnya, tapi mengharuskan pengguna untuk mengunduh dan menginstal file yang dimodifikasi dengan format .exe.

"Game PC yang dibuat oleh Ubisoft telah dipasangkan dengan platform DRM sehingga mengharuskan gamer memiliki hubungan konstan ke internet untuk bermain game. Fitur keamanan menyebabkan reaksi besar oleh pengguna sehingga memicu aksi (hack) seperti ini," jelas Lowensohn.

"File-file permainan tersebut diubah, walaupun memang celah yang dapat diterapkan ke versi permainan biasa, yang diunggah ke situs file-sharing di berbagai tempat," tambahnya.

Skid Row juga menulis sebuah file "readme" yang merekomendasikan perusahaan Ubisoft agar fokus pada pengembangan game saja daripada isu-isu mengenai manajemen hak digital.

"Terima kasih Ubisoft. Ini tantangan bagi kita, tetapi tidak ada yang menghentikan kekuatan utama dari melakukan apa yang kita lakukan," tulis Skid Row di file 'Readme'.

"Seharusnya Ubisoft lebih menfokuskan diri kepada permainan dan bukan pada DRM," tambahnya.
(okezone.com)

0 Response for the "Game Platform DRM Ubisoft 'Dibongkar' Hacker"

Post a Comment