#OctoberWish

Everything is never as it seems.



SAN FRANCISCO - Keinginan Google untuk membangun perpustakaan online dengan melakukan pemindaian sejumlah buku dan foto, kembali terganjal masalah. Kali ini yang melakukan protes adalah asosiasi juru foto Amerika.

Perkumpulan pewarta foto yang tergabung dalam American Society of Media Photographers menggugat mesin pencari tersebut karena, Google menampilkan gambar pada buku-buku yang telah dipindai oleh perusahaan tersebut.

"Google telah menampilkan gambar dan foto yang telah dipindai tanpa seijin pemiliknya, itu melanggar hak cipta. Kami sedang melakukan kompensasi untuk itu," terang juru bicara James Mcguire kepada Financial Times, Kamis (8/4/2010).

Tidak hanya American Society of Media Photographers, beberapa asosiasi juru foto dan desain dari the Graphic Artists Guild, the Picture Archive Council of America, the North American Nature Photography Association, dan the Professional Photographers of America juga melakukan gugatan terhadap Google.

Gugatan ini sendiri merupakan kelanjutan putusan pengadilan federal atas gugatan sejumlah penulis buku yang turut menggugat perpustakaan online tersebut. (okezone.com)

0 Response for the "Perpustakaan Online Digugat Juru Foto"

Post a Comment