#OctoberWish

Everything is never as it seems.



BEIJING - Nokia telah meluncurkan layanan unduh lagu Comes With Music tanpa Digital Right Managemant (DRM) untuk pasar Cina. Artinya pengguna ponsel Nokia di negara itu bisa dengan bebas berbagi ke perangkat yang lain.  

Nokia Comes With Music hadir untuk pengguna ponsel tersebut sebagaian dari bonus yang ditawarkan. Saat ini, layanan ini tersedia di 30 negara, termasuk di Indonesia. Akan tetapi di negara-negara selain China, Comes With Music mendapat perlindungan DRM, yang jika sudah mengunduh di satu komputer atau ponsel, tidak bisa mengunduh di perangkat lain.

Produsen ponsel terbesar di dunia tersebut berkilah, kalau layanan toko musik mereka di China sengaja dilakukan tanpa DRM. Pasalnya, di negara Tirai Bambu tersebut tingkat pembajakan termasuk sangat tinggi. Maka dengan strategi seperti ini, diharapkan dapat menarik minat perusahaan label rekaman.

Selain di China, Nokia berencana untuk memulai Comes With Music di India, tetapi tidak berkomentar tentang apakah akan menyertakan DRM atau tidak. Demikian yang dilansir PC World, Kamis (8/4/2010).

Konsumen Nokia di China akan bisa mendapatkan musik dengan Nokia X6 32GB dan 16GB, 5230, 5330, 5800w, 6700s, E52 dan E72. Harga ponsel tersebut akan dibanderol mulai USD 185, tidak termasuk pajak daerah dan setiap subsidi.

Comes With Music di China sudah menggandeng label musik dari Universal Music Group, Sony Music Entertainment, Warner Music Group, EMI Music dan sejumlah label independen lokal, termasuk Huayi Brothers Media Group dan Taihe Rye, menurut Nokia.

Di Indonesia, menghadirkan X6 dengan layanan Ovi Music-nya yang bertajuk 'Comes With Music'. Melalui program ini, pembeli tidak hanya mendapatkan handset, tetapi juga lagu original yang tersedia di dalam katalog sebesar 3 juta musik, dan kesemuannya didapatkan secara gratis tanpa tambahan biaya sepeser.

Kendati lagu yang diberikan di X6 kesemuannya gratis bukan berarti lagu-lagu yang sudah diunduh bisa diumbar begitu saja. Karena Nokia memberikan perlindungan DRM, yang mana setiap satu handset diberikan jangka waktu 12 bulan untuk mengunduh, dan lagu yang diunduh tidak bisa dipindahkan ke PC ataupun ke handset lainnya.
(okezone.com)

0 Response for the "Di China, Nokia Music Tak Dilindungi DRM"

Post a Comment