#OctoberWish

Everything is never as it seems.



TOKYO - Seorang hacker sukses menjebol pertahanan firmware di Playstation 3 dan akhirnya membuat konsol game tersebut kembali mendukung Linux. Diketahui sebelumnya, PS3 secara resmi menghentikan dukungannya pada kernel sistem operasi terbuka itu.

Hacker bernama GeoHot mengklaim kalau dirinya mampu melewati sistem proteksi dari firmaware di PS3 tersebut, yang membat dirinya sukses menginstal Linux di konsol besutan Sony tersebut.

Dikutip dari Kotaku, Jumat (9/4/2010), menurut GeoHot hal ini dapat dilakukan dengan mudah. Pengguna hanya perlu me-restore file update PS3 versi 3.15 yang telah di kustom.

Seperti diketahui, sejak diluncurkan pada tahun 2006 lalu, salah satu fitur yang paling menarik di Playstation 3 adalah kemampuannya untuk berjalan di sistem operasi terbuka, atau yang dikenal dengan nama Linux. Namun mulai bulan depan, konsol game ini tidak akan kompatibel lagi.

Mulai 1 April mendatang, Sony memang merilis sebuah firmware terbaru untuk PS3 yang diberi nama v2.21. Kehadiran firmware baru inilah, yang disebut-sebut sebagai salah satu cara untuk menghapus sistem operasi dari model PS2 pra-slim terdahulu. Walaupun SCEA Senior Director Corporate Comunication & Social Media, Patrick Seybold menolak dan mengatakan update firmware ini hanya karena keamanan semata saja.

Ia juga mengatakan bahwa mengupdate firmware tersebut akan membantu memastikan bahwa pemilik PS3 akan terus memiliki akses ke berbagai game dan konten hiburan dari SCE dan mitra konten pada sistem yang lebih aman. (okezone.com)

0 Response for the "Dibobol Hacker, PS3 Terbuka Lagi untuk Linux"

Post a Comment